Monday, December 5, 2016

ULASAN 1 (OPERATING SYSTEM)


Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas video dari Youtube berdurasi 49 menit 43 detik yang diunggah oleh Chris Terman, berjudul "MIT 6.004 L21: Processes, Synchronization & Deadlock" dengan URL "https://www.youtube.com/watch?v=TVkQ1VeRKt4".

Salah satu permasalah yang berkaitan dengan Sistem Operasi adalah Komunikasi Interprocess, bagaimana suatu Sistem Operasi mengkomunikasikan pembagian Memory, Supervisor calls, dan mensinkronkan instruksi. Sebagai contoh yang sering terjadi yaitu pada suatu proses komputer dalam memberikan informasi dari suatu proses ke proses lain dikenal dengan istilah Producer dan Consumer, harus dipastikan bahwa Producer tidak "membanjiri" consumer dengan informasi yang tidak diperlukan, dan Consumer tidak boleh mengakses informasi yang belum di hasilkan oleh Producer. Sehingga harus dipastikan bahwa Consumer tidak akan bisa diproses sebelum Producer selesai dijalankan, dan suatu Producer tidak bisa menimpa data yang belum digunakan oleh Consumer.

Dikenal beberapa cara sinkronisasi interprocess dalam menangani permasalahan diatas, yaitu:
1. FIFO Buffering -> Consumer akan mengakses dengan urutan yang sama yang dikirimkan oleh Producer. Kekurangan nya adalah Producer baru berhenti saat Buffer penuh dan Consumer baru akan berhenti bila Buffer kosong, sehingga sulit menentukan proses dengan prioritas tinggi.
2. Semaphore (Dijkstra) -> dikenal istilah wait dan signal, dimana wait akan menahan proses yang sedang berjalan dan signal akan memberikan kesempatan proses lain berjalan. Penjelasan sederhananya adalah bila ada 2 proses yang akan menggunakan suatu resource yang sama maka proses pertama akan memberi signal bahwa dia sedang menggunakan resource tersebut, dan bila sudah selesai maka dia akan memberikan signal. Untuk proses kedua dia akan menjalankan wait dan melihat apakah resource tersebut sedang digunakan proses lain sehingga dia akan menunggu sampai ada signal dari proses lain. Pada semaphore ini dikenal istilah Mutual Exclusion (Mutex) yaitu suatu data/resource yang di share yang harus dipastikan bahwa tidak ada proses yang mengakses nya secara bersamaan. Mutex ini lah yang menjadi batasan suatu Producer atau Consumer memberikan signal dalam proses wait atau signal. Contoh penerapannya adalah pada penanganan kernel dalam timeshared processor (kernel call). Dikenal pula istilah deadlock, yaitu keadaan dimana semua process saling menunggu karena masing-masing process mengunci resource yang akan digunakan. Cara mengatasi deadlock ada 2 yaitu dengan cara menghindarinya atau dengan cara mendeteksi untuk kemudian diperbaiki.

Menurut saya video tersebut cukup mudah dimengerti, walaupun menggunakan bahasa inggris tapi dengan adanya contoh serta slide presentasi yang ditampilkan oleh pembuat konten maka pembahasan yang disampaikan bisa kita tangkap. Slide presentasi juga menampilkan contoh-contoh code program, serta perumpamaan yang dipakai oleh pembuat konten bisa mewakili materi yang sedang dibahas. Konten ini juga sesuai dengan materi yang diberikan dosen dalam mata kuliah Operating System sehingga bisa menjadi alternatif dalam memperdalam materi.

GITHUB Account   : nastitihandy
URL Ulasan     : http://twobunny22.blogspot.co.id/2016/12/ulasan-1-operating-system.html
URL Youtube      : https://www.youtube.com/watch?v=TVkQ1VeRKt4 (49 menit 43 detik)
Submisi Pertama  : 05 Desember 2016
Submisi Terakhir : 05 Desember 2016

No comments:

Post a Comment