Monday, December 5, 2016

ULASAN 2 (OPERATING SYSTEM)



Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas video dari Youtube berdurasi 43 menit 1 detik yang diunggah oleh Khaled Salah, berjudul "Introduction to Processes and Threads" dengan URL "https://www.youtube.com/watch?v=EhEBWG61cLI". 

Pada konten ini ada beberapa hal yang dibahas, yaitu konsep dari Process, Trace dari suatu process, konteks dari process dan konteks switching. Process bisa juga dikatakan task, process itu tidak sama dengan program, karena program itu bersifat pasif sedangkan process bersifat aktif. Process terdiri dari program yang dapat dieksekusi , data terkait, serta konteks eksekusi. Setiap process berada di memory dan siap untuk di eksekusi oleh processor. Dalam hal ini fungi Sistem Operasi adalah menyimpan setiap status dari process yang aktif dan memastikan tersedianya informasi yang sesuai ketika suatu process dijalankan CPU, karena pada sistem multiprogramming terdapat banyak process yang dijalankan secara simultan.

Untuk masing-masing process Sistem Operasi memegang suatu struktur data yang disebut Process Control Block (PCB), yang didalamnya berisi segala macam informasi yang berkaitan dengan process tersebut. PCB ini dimanipulasi oleh dua komponen dari proses subsistem, agar tercapai apa yang disebut dengan multiprogramming. Kedua komponen tersebut adalah Scheduler, yaitu menentukan urutan process mana saja yang akan masuk ke CPU; dan Dispatcher, yaitu alokasi CPU dalam menjalankan process selanjutnya. Informasi yang terdapat pada PCB yaitu: status process, program counter, CPU register, memory management info, ID (bisa User ID, Group ID, Process ID, dll), Event Descriptor, dan scheduling info.

Dalam manajemen process dikenal ada istilah Conteks Switch, yaitu dimana OS mengatur perpindahan dari suatu process ke process lain untuk dieksekusi CPU. Cara kerja konteks switch sendiri yaitu pertama-tama CPU register akan di copy kedalam area di PCB process yang sedang berjalan, kemudian status akan diubah menjadi waiting atau ready, mengganti variabel sistem yang sedang berjalan ke PCB dari process yang baru, dan yang terakhir adalah men-copy informasi dari register dalam PCB dari process yang baru ke dalam CPU register.

Process Creation atau pembuatan process secara umum digambarkan parent process membuat process baru yang disebut dengan children process, kemudian membentuk process baru sehingga bila digambarkan akan menjadi seperti struktur pohon. Bila dilihat dari tipe pembagian resource nya maka akan terdapat tiga tipe, yaitu: process parent dan child yang saling berbagi resource, process child yang menggunakan subset resource dari parent nya, dan tipe yang tidak saling berbagi resource. Bila dilihat dari cara eksekusi nya maka akan ada dua tipe, yaitu process parent dan child yang dieksekusi secara bersamaan, dan tipe process parent yang akan dijalankan menunggu sampai process child terminate.

Konten video kali ini menggunakan materi dari buku yang dibuat oleh Silberschatz, sama dengan materi perkuliahan. Video berupa tampilan text book yang dijelaskan dengan narasi dari pembuat konten nya. Konten kali ini tentunya bisa dijadikan referensi dalam membantu memahami materi yang sudah di terima di perkuliahan, karena mungkin dibandingkan dengan membaca text book kita bisa lebih menangkap materi dengan menonton video.

GITHUB Account   : nastitihandy
URL ULASAN     : http://twobunny22.blogspot.co.id/2016/12/ulasan-2-operating-system.html
URL Youtube      : https://www.youtube.com/watch?v=EhEBWG61cLI (43 menit 1 detik)
Submisi Pertama  : 06 Desember 2016
Submisi Terakhir : 06 Desember 2016

No comments:

Post a Comment